Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (Korean Drama Review)

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo / Dalui Yeonin - Bobogyungsim Ryeo / 달의 연인-보보경심 려

Cast On:
Lee Joon Gi a.k.a Wang So (Pangeran Ke-4)
IU a.k.a Hae Soo
Kang Ha Neul a.k.a Wang Wook (Pangeran Ke-8)
Hong Jong Hyun a.k.a Wang Yo (Pangeran Ke-3)
Nam Joo Hyuk a.k.a Wang Baek Ah (Pangeran Ke-13)
Baekhyun a.k.a Wang Eun (Pangeran Ke-10)
Ji Soo a.k.a Wang Jung (Pangeran Ke-14)
Yoon Sun Woo a.k.a Wang Woon (Pangeran Ke-9)

Siapa yang sudah menonton drama terbaru dari SBS ini? Trailer yang begitu gencar dan menjanjikan membuat semua orang berdebar-debar menunggu tanggal tayang drama ini pada tanggal 29 Agustus 2016 lalu. Jujur, aku sudah lama menunggu drama ini sejak terdengar berita bahwa drama ini akan dikerjakan secara praproduksi (dramanya selesai diproduksi sebelum tayang) dan selesai pada 30 Juni 2016 lalu. Kenapa drama ini menarik? Drama yang berdasarkan novel Chinese ini, sudah dibuat drama oleh Chinese pada tahun 2011 dengan judul Scarlet Heart (Bu Bu Jing Xin) dan aku sudah menonton drama Chinese tersebut sehingga aku menantikan drama ini pasti lebih bagus lagi dari versi Chinese-nya. Secara yang bermain adalah Lee Joon Gi dan aku sudah lama menantikan dramanya kembali. Namun aku bingung dengan rating yang rendah untuk 3 episode yang pertama, menurutku drama ini cukup bagus untuk dinikmati, mungkin orang KorSel tidak terlalu suka dengan tipe drama seperti ini. Mungkin, tidak tau pasti. 

Menunggu hingga hampir 8 bulan dan akhirnya tayang, ternyata terlalu banyak kritikan untuk akting IU dan Baekhyun. Ini merupakan drama pertama dari Baekhyun, setidaknya aku masih memaklumi aktingnya yang canggung namun masih terlihat lumayan. Sedangkan IU, aku juga tau bahwa ia memiliki banyak anti-fan (haters) tapi menurutku akting IU masih pantas untuk ditonton. Jangan begitu banyak mengkritik, setidaknya hargai saja jerih payah mereka untuk membuat drama ini menjadi menarik. Opppssss, maaf kalau ada yang tersinggung yah, tidak bermaksud membela hanya saja mereka pasti sedih jika disudutkan seperti itu.

Untuk akting Lee Joon Gi sudah pasti tidak diragukan lagi, tapi kenapa kamu begitu kurus sekarang sayang? Aku sudah memfollow instagramnya cukup lama dan aku memperhatikan setiap foto atau video yang Lee Joon Gi post, ia terlihat sangat kurus dari biasanya. Apa ia sengaja untuk drama ini atau ia memang sedang diet? Tulang wajahnya begitu kelihatan dan menambah kharisma misteriusnya. Seperti biasa, karakter yang misterius sangat cocok untuknya. Sehari sebelum tanggal tayang drama ini, Lee Joong Gi bersama Hong Jong Hyun dan Kang Ha Neul hadir sebagai bintang tamu di reality show favorit-ku, Running Man. Lee Joon Gi terlihat manis di reality tersebut, aku berpikir, mungkin jika berteman dengan Lee Joon Gi, ia adalah seseorang yang bersemangat.



Drama ini diawali pada tahun 2016 oleh Hae Soo yang depresi karena sahabatnya berselingkuh dengan kekasihnya sendiri, ia duduk sendirian ditepi danau sambil minum soju hingga ia melihat seorang anak laki-laki tercebur kedalam danau dan hanya ia yang melihatnya. Mencoba untuk cuek tapi hatinya tetap menyuruhnya untuk menyelamatkan anak laki-laki itu. Ketika ia berhasil menyelamatkannya, Hae Soo malah seolah tertarik kedalam danau itu lebih dalam dan berakhir di kolam mandi para pangeran di tahun kerajaan Ryeo. Semua pangeran terkejut melihat seorang wanita muncul di kolam mandi mereka dan Hae Soo segera ditarik keluar melewati gua oleh Chae Ryung, wanita ini bertanggung jawab untuk menjaga Hae Soo. Keluar dari gua, Hae Soo mengira ia sudah meninggal namun ketika ia mendengar Chae Ryung memanggilnya dengan nona terus menerus, membuatnya berpikir, siapa wanita ini? Karena Hae Soo merasa pusing, ia akhirnya pingsan.

Ketika Hae Soo bangun, ia sudah berada dikediaman pangeran ke-8 dan seorang wanita telah menunggunya dengan setia. Madam Hae merupakan sepupu dari Hae Soo dan juga istri dari pangeran ke-8, Wang Wook. Hae Soo menyadari bahwa ia telah melewati waktu dan kembali ke masa lalu. Ia berjalan di kota sambil berpikir, hingga pangeran ke-4 yang menunggangi kuda membua semua orang terburu-buru untuk menghindar. Dan salah satu-nya membuat Hae Soo hampir masuk ke jurang dan Wang So langsung menyambut Hae Soo sertai mendudukannya diatas kuda. Setelah aman, Wang So melepaskan Hae Soo hingga jatuh ketanah. Hae Soo yang merasa sekujur tubuhnya sakit langsung memarahinya tanpa tau bahwa pria itu adalah pangeran ke-4. Tanpa mendengar Hae Soo, Wang So segera melajukan kudanya untuk pergi dan meninggalkan Hae Soo yang berteriak padanya.

Hae So diberitahu bahwa Wang So adalah pangeran yang harus dihindari, banyak rumor jelek tentang dirinya. Wang So bisa membunuh siapa saja khususnya untuk orang yang melihat wajahnya sebelah kiri. Wang So tinggal di Shinji seperti seorang tahanan karena ia tidak diperbolehkan untuk tinggal dikerajaan. Walaupun ia merupakan putra dari seorang ratu tetapi ia diadopsi oleh seorang selir dan tinggal di Shinji. Wang So teringat atas peristiwa saat ia kecil. Ketika raja ingin menikah lagi dan dibantah oleh ratu hingga membuat amarahnya mengalahkan akal. Ratu mengambil Wang So kecil dan mengancam raja dengan sebuah pisau. Ketika raja ingin menyingkirkan pisau tersebut, wajah Wang So malah terkena sayatan pisau tersebut sehingga Wang So harus memakai topeng diwajah kirinya agar tidak ada orang yang melihat bekas luka tersebut.

Saat Wang So akan mandi dikolam, ia menanggalkan topeng dan bajunya, ia terkejut ketika melihat Hae Soo keluar dari dalam kolam itu dan menatap wajahnya. Wang So segera menutup wajah kirinya dengan tangan. Melihat Hae Soo yang terkejut, Wang So segera mencekik Hae Soo dan memintanya untuk melupakan apa yang sudah ia lihat. Hae Soo terkejut dan setelah cekikan Wang So berakhir, Hae Soo segera meninggalkan kolam mandi tersebut melalui gua yang sama dengan saat ia datang ke tahun kerajaan Ryeo ini. Ia menyangka, mungkin ia bisa kembali ke masa depan saat ia masuk kembali ke kolam mandi ternyata ia salah. Sepertinya ia akan berada disini selamanya.

Lee Joon Gi (Wang So) - IU (Hae Soo)
Others Princes


Saat penanyangan dihari pertama, SBS menyajikan 2 episode sekaligus dan episode ke-3 dihari selanjutnya. Ini merupakan drama slot senin-selasa dan bersaing sehat dengan drama Love in The Moonlight. Jangan lupa untuk terus menontonnya yah, mudah-mudahan ratingnya makin bagus. Saranghae, Hwaiting!

Share:

0 komentar